Kamis, 08 Mei 2014

Tari-tarian Bali

Tari-tarian di Bali

 Tari Pendet


Tari pendet diciptakan oleh dua orang maestro tari Bali yaitu I Wayan Rindi dan Ni Ketut Reneng pada tahun 1950. Awalnya tari Pendet merupakan tari pemujaan yang diperagakan di pura, tempat ibadah umat Hindi di Bali, Indonesia.

Tari Gopala

 

Tari Gopala merupakan tarian yang bertemakan kerakyatan yang ditarikan sekelompok anak-anak atau remaja Putra, dimana tarian ini buat oleh I Nyoman Suarsa sebagai penata dan I ketut Gede Asnawa, MA sebagai pernata tabuh. Diciptakan pada tahun 1983. Gopala adalah sebual istilah dalam bahasa Kawi yang berarti penggembala sapi. Tarian ini biasanya ditarikan oleh 4 sampai 8 orang penari putra.

Tari Puspanjali


Puspanjali adalah tarian penyambutam yang ditarikan oleh sekelompok putri (5-7 orang). Tarian ini menarikan gerak-gerak lembut lemah gemulai yang dipadukan dengan gerak-gerak ritmis yang dinamis, tarian ini banyak mengambil inspirasi dari tarian-tarian upacara Rejang, dan menggambarkan sejumlah wanita yang dengan penuh rasa hormat menyongsong kedatangan para tamu. Tari Puspanjali itu berasal dari kata puspa yang berarti bunga, dan anjali yang berarti menghormat. Tarian ini diciptakan oleh N.L.N. Swasthi Wijaya Bandem (penata tari) dan I Nyoman Windha pada tahun 1989

1 komentar:

  1. Bagus Yoel....... tampilannya menarik.....Informasinya mendidik....update terus blognya ya.....suksema

    BalasHapus